Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia

 Saat ini, Indonesia mengalami tahap berkembang menjadi Negara yang maju. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan Indonesia adalah faktor ekonomi. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia diantarnya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, faktor ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sumber daya modal.
Indonesia kaya akan sumber daya alam, yang terbagi diberibu pulau yang dimilikinya. Sumber daya alam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi seperti iklim/cuaca, hasil hutan, tambang dan laut. Dimana salah satu hasil dari alam tersebut dapat diproduksi dari barang mentah menjadi suatu barang yang memiliki kualitas yang baik sehingga memiliki nilai jual. Manfaat bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia ialah dapat memberi peluang usaha bagi kesejahteraan masyarakat kecil dengan membuat kerajinan dari bahan-bahan alam. Selain itu, dari hasil kerajinan tersebut dapat dipasarkan ke perdagangan internasional, salah satunya adalah perdagangan bebes, AFTA. Jika dibandingkan dengan Negara-negara maju lainnya, Indonesia mempunyai ciri khas yang unik yang tidak dimiliki oleh Negara lainnya, yaitu sumber daya alam yang melimpah. Dengan tangan-tangan handal dan kreatif masyarakat Indonesia yang dapat mengolah sumber daya alam tersebut sehingga menjadi sebuah hasil kerajinan yang indah dan menawan. Salah satunya adalah kayu rotan, yang dapat diolah sehingga menjadi perabot rumah tangga seperti kursi, meja lemari dan yang lain-lain. Hasil kerajinan tersebut di pasarkan di dunia internasional sehingga dapat menambah devisa Negara.
Sumber daya manusia juga sangat menentukan apakah suatu Negara dapat melakukan pembangunan yang signifikan atau tidak, karena manusia sebagai subjek yang memiliki potensi untuk melakukan pembangunan tersebut. Manusia juga mempunyai skill untuk mengembangkan suatu produk yang sudah ada dan memasarkan hasil produksi tersebut. Jika SDM nya tidak berkualitas berarti sumber daya alam tersebut tidak memiliki potensi untuk ikut serta memajukan Negara Indonesia. Maka dari itu, untuk memiliki SDM yang berkualitas, harus dilandasi dengan pendidikan yang cukup. Karena dengan pendidikan seseorang dapat memiliki wawasan serta dapat menjadi orang-orang yang berkualitas. Dengan begitu, apabila pendidikan Indonesia sudah maju berarti sumber daya alamnya juga sudah dapat dikatakan berkualitas, maka dapat membantu kinerja pemerintah dalam memajukan perekonomian di Indonesia.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SDM yang berkualitas memiliki pengetahuan yang luas, sehingga memiliki ide-ide yang cemerlang untuk menciptakan suatu teknologi baru yang bermanfaat. Salah satu contohnya adalah pemuda Indonseia telah berhasil menciptakan sepeda motor dengan menggunakan tenaga gas LPG 3 kg. hasil karya anak bangsa tersebut dipasarkan di manca Negara, untuk bersaing dengan produk dari Negara lainnya.
Sumber daya modal adalah hal yang terpenting yang dibutuhkan SDM (sumber daya manusia) untuk mengelola SDA (sumber daya alam), agar kualitas IPTEK meningkat. sumber daya modal yang mencakup barang-barang modal dapat meningkatkan pembangunan yang signifikan dan dapat meningkatkan produktifitas.
Dampaknya perkembangan IPTEK untuk perekonomian di Indonesia ialah meningkatkan produktivitas dengan membuat berbagai penemuan untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik. Contohnya pada perkembangan di dunia industri, alat-alat pabrik yang semua alatnya kini menggunakan mesin sehingga akan mempercepat produktivitas. Pada bidang pertanian manusia menggunakan varitas unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, pola tanaman dan pengairan. Untuk meningkatkan produktivitas, Tetapi perkembangan teknologi tersebut akan berdampak negative dan menjadi masalah bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Salam dari blogger PNK 
-Muhammad Mirza Saputra-

Template by:
Free Blog Templates